West Papua Song's

Papua%20Bengkel%20Music

Senin, 14 Januari 2013

Operasional Honai Studio Rekaman Musik, Murah-Meriah

Gbr 5. Cond Mic.Studio

Gambar 2. Sofware
Gambar 1. PC/ Komputer
Gambar 3. Plugins FX
Gambar 4. Plugins Instrument Drum





Tutorial sebelumnya, kita telah membahas bagaimana merangkai pembuatan suatu studio rekaman. Kali ini kitorang akan sama-sama membahas prediksi biaya Operasional kebutuhan Alat-Alat Studio dimaksud.

Pilihan dalam menentukan kwalitas studio rekaman musik sangat di dukung oleh seberapa besar kesiapan operasionalitas. Studio Rakaman Tipe Sederhana, Ugrade dan Mantap merupakan bentuk pilihan bagi konsumen dalam pengeloaan managemen intertainnya. khusus Papua, Honai Studio Musik Record cenderung menawarkan kepada mante-man skalian paket record musik Sederhana. Mengapa demikian? Kerumitan serta system perawatan dan informasi masih merupakan kendala disaat ini. Tapi jangan khawatir dulu, pada prinsipnya, segala sesuatu perlu kita coba, seberapa besar hasilnya bila didukung dengan kemauan keras akan memberikan kepuasan. Sehingga tentulah kesemuannya itu bila didukung dengan suatu metode kerja yang simple dan praktis, pasti akan membuahkan hasil yang maksimal.

Sebagaimana Tutorial sebelumnya, Kebutuhan akan pembuatan suatu Studio Record murah meriah, membutuhkan alat-alat (technologi system) yang fungsinya mentransfer setiap aktivita recording. dimana alat-itu meliputi:

I. PC/ Komputer/ Laptop

System komputerisasi sangat berperan penting terhadap bagus recording. Komputer/ Laptop khusus khusus utk Recording system, dapat diperoleh dengan biaya yang beraneka ragam. dan sesuai tutorial sebelumnya, biaya yang dibutuhkan dalam memilih suatu system komputerisasi Recording berkisar antara RP. 5 - 7 Juta Rupiah dipasaran Indonesia (lihat spesifikasinya disini)

Sofware
Software merupakan perangkat lunak komputersasi yang berperan penting dalam merakit digital recording studio. Dan sesuai kebutuhan recording, dapat di bagi kedalam 3 tipe meliputi:

DAW / Software Multi Track Recording
Digital Audio Workstation (DAW) merupakan Software multi track recording yang biasa digunakan dalam suatu metode rekaman suara dengan cara terpisah. Beberapa sofware DAW diantaranya: Adobe Audition/ Cool Edit Pro, Steinberg Nuendo, Steinberg Cubase, Digi Desain Protools, Cake Wall Sonar, dan masih banyak lagi DAW sofware. Sedangkan Operasional budjed bagi DAW Software dapat berkisar antara RP. 800.000 - 1.000.000,00 (Untuk Original DVD/CD Software) dan RP 200.000-500.000,00 (Bajakan DVD/CD Software).

PLUGINS FX (VST, DX dan RTAS)
Plugins merupakan software pihak ke-tiga yang dapat ditambahkan ke DAW yang mendukung diantaranya: FX untuk Gitar dan Bass: Dalam Plugins FX, sudah terdapat simulasi FX modulation, FX distorsi, Equalizer, head ampli, ampli, hingga kesimulasi todong (penodongan ampli dengan mic) seperti : Guitarrig, Amplitube, Revalver, Ampeg svx dan masih banyak lagi macam-macam FX/ VST Plugins bagi suatu proses digital record. Untuk memperolehnya,dapat di download ataupun melalui DVD/CD Installing Sofware. FX merupakan plugins yang dibutuhkan dalam proses recording. Plugins FX modulasiSeperti chorus, flanger, reverb, delay, wah-wah dan lainnya); Plugins lainnya: Seperti compressor, limiter, noise reduction, click reduction, meters, equalizer dan lain-lain.

PLUGINS INSTRUMENT / VSTi, DXi dan RTAS
Kegunaan plugins ini adalah untuk menggantikan suara instrument. Bisa menggunakan sampler maupun shynt yang mensimulasikan alat tertentu. Intrument-instrument nya adalah drum, bass, guitar, violin, brass, piano dan instrument-instrument lainnya. Contoh, Plugins Drum: Ada beberapa software untuk mengganti pemain drum, seperti FXpansion BFD, FXpansion BFD2, EZdrummer, Addictive Drum, Superior 2.0, dan masih banyak lagi. Biasanya software-software tersebut bisa di tambahkan SAMPLER KIT lagi (extension kit). Dan biasanya software-software tersebut menggunakan sampler dari drum asli dan juga menggunakan sample drum ternama seperti zildjian, DW, pearl, tama, dan lain-lain

II. MIDI Controler

Operasional Midi Controler berkisar antara RP. 4 - 8 Juta (harga disesuaikan dengan kurs).

III. Speaker Monitor/ Head Phone

Operasional Biaya untuk Speaker Monitor/ Head Phone: Speaker Monitor, Berkisar antara RP. 3 - 13 Juta Rupiah dan Head Phone, RP.800.000 - RP. 5 Juta Rupiah

IV. Microphone (Mic Vocal)

Microphone merupakan alat sensitif dalam proses recording. untuk menghasilkan suara yang baik, pastilah membutuhkan microphone yang mantap pula. Operasional yang dibutuhkan untuk memperoleh Michophone yang mantap, berkisar antara RP. 2.800.000 - RP. 8 Juta Rupiah (disesuaikan dengan kurs).

V. Mixer (Mixing)

Kebutuhan atas paska pra produksi hingga produksi album rekaman, tak lepas daripada proses yang dinamakan mixing. Mixer merupakan suatu kebutuhan penting dalam proses tersebut. Sehingga pilihan atas Tipe Mixerpun menjadi perhatian yang tidak dikompromikan. Saking sangat pentingnya alat tersebut, operasionalnyapun tidak sedikit. Operasional Mixer dalam Analog system maupun Digital System Rekaman, dapat berkisar antara RP. 9 - RP. 26 Juta Rupiah 
Kisaran Biaya Operasional utk Kabel antara RP. 800.000 - RP. 6 Juta Rupiah per Set.

Demikian Tutorial kali ini tentang "Kebutuhan Operasional Pembuatan Honai Studio Musik Record". Semoga membantu Manteman sekalian.

NB: Untuk Pemesanan Alat-Alat dimaksud, Manteman dapat menghubungi Kru PBM dengan SMS/ Telpon  langsung ke nomor : (+62)852-148-92978


Tidak ada komentar:

Posting Komentar